Beberapa Cara Untuk Belajar Menulis Artikel Sampai Handal

Beberapa Cara Untuk Belajar Menulis Artikel Sampai Handal

Setiap orang terhadap dasarnya mampu menulis, tetapi banyak dari mereka yang tidak sadar akan hal tersebut. Mereka menganggap bahwa menulis merupakan hal yang sulit, buat pusing, banyak mikir dan sebagainya padahal analisis berikut tidak sepenuhnya benar. Semisal gaji seorang penulis artikel setara gaji PNS, mungkinkah? saja anda mengobrol bersama dengan temanmu, artinya kamu menyeritakan atau memberikan sesuatu bukan? Nah dalam menulis pun kamu jalankan yang sama, yaitu memberikan cerita, gagasanmu kepada pembaca.


Tapi bagaimana sehingga tulisanmu baik untuk dibaca? Karena tulisan yang bagus bukan berdasarkan panjangnya tulisan tersebut, tetapi dari konten dan isi dari tulisanmu. Jadi, bagaimana cara sehingga anda semakin jago dalam menulis? Yuk simak tips di bawah ini

1. Minimalkan jarak antara pembaca bersama dengan cerita
Banyak yang tidak paham bahwa paragraf awal dalam sebuah artikel mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu tulisan. Apabila paragraf pembuka benar-benar panjang, maka akan membawa dampak pembaca pusing dan kelelahan untuk membaca tulisanmu. Jadi, untuk menulis artikel yang baik, tulislah paragraf yang singkat, dan tidak benar-benar bertele-tele. Satu atau dua kalimat pembuka yang bagus akan membuat pembaca betah untuk membaca tulisanmu.

2. Persingkat sebuah paragraf
Mempersingkat seluruh tulisanmu. Di masa digital saat ini ini, orang-orang lebih banyak membaca artikel melalui smartphone. Jadi kalau jasa tulis artikel yang kamu buat benar-benar panjang, orang akan jadi malas membaca tulisanmu. Memang untuk membawa dampak paragraf yang singkat tidaklah mudah, tetapi hal ini akan membawa dampak anda naik level dalam menulis. 

Tulisanmu semakin bagus jikalau anda mampu mempersingkat paragraf bersama dengan menyampaikan inti dari tulisanmu tersebut. Tetapi wajib diperhatikan jangan terlalu pendek, gara-gara mampu membawa dampak pembaca tidak paham isi dari tulisanmu. Solusinya? Keep practicing 

3. Buatlah artikel yang singkat, tetapi tetap berisi
Sekali lagi aku ingatkan untuk tetap menyingkat kalimat. Kenapa? Karena sebuah artikel yang baik hanya membutuhkan kalimat efektif. Bukan kalimat yang berputar-putar dan berkembang tidak paham juntrungannya. Jelas, tajam dan singkat merupakan elemen yang mutlak dalam menulis artikel.

4. Berikan isi
Kebanyakaan artikel sementara ini hanya berisi kalimat kosong yang tidak berarti. Banyak sekali kita mendapatkan judul-judul artikel yang bombastis tetapi isi artikelnya kosong tidak bermakna. Artikel layaknya ini biasanya hanya mengejar kata kunci dalam mesin pencarian, dan lupa esensi dalam menulis artikel. Jangan menulis artikel hanya sebatas mengejar tujuan atau gara-gara konten saja. Tulislah artikel yang berisi makna dan beri tambahan pemahaman kepada pembaca. 

Bila menulis, bayangkan dalam benakmu apabila pembaca mu menanyakan “kenapa” atau “mengapa” perihal artikel yang dibuat. Hal ini mampu mendorongmu untuk menulis bersama dengan menjawab pertanyaan tersebut. Penulis artikel yang baik adalah penulis yang mampu menyampaikan informasi, menjelaskan sebuah makna atau makna dan membawa dampak pembaca memahami sesuatu dalam artikel yang dibuat.

5. Tell a story
Ceritakan sebuah cerita kepada pembacamu. Setiap orang pasti pernah mendapatkan cerita. Ada yang menurut mereka cerita yang bagus maupun yang buruk. Hal tersebutlah yang wajib ditunaikan penulis, yaitu pandai bercerita atau menyampaikan. Cara yang bagus untuk menarik pembaca artikel mu adalah bersama dengan sebuah kejadian, latar tempat atau sebuah alur.

Cerita adalah cara yang bagus dalam mengakses sebuah artikel. Cerita juga mampu memberikan sebuah inti gagasan. Tidak wajib berlebihan dalam menyampaikan cerita, hanya wajib ditulis bersama dengan se-efektif mungkin. Intinya adalah, ceritakan secara singkat, sederhana dan paham bersama dengan begitu artikelmu akan sendirinya mengalir bersama dengan baik. Perlu diingat jangan menulis sesuatu yang miskin cerita. Karena pembaca akan lebih tertarik dengan tulisan yang kaya akan cerita.

Nah itulah lebih dari satu tips untuk kalian yang inginkan jago dalam menulis artikel. Tulisan yang baik tidak mampir bersama dengan begitu saja. Perlu adanya latihan dan ditunaikan beberapa kali sehingga penulis mendapatkan gaya dan karakternya sendiri dalam menulis artikel. Selamat menulis.  

Komentar